Culinary Episodes: Meriahnya Nuansa Meksiko di Por Aqui Stay & Dine

Memang sudah saatnya meregangkan tangan dan memberi irama pada jemari yang telah sekian lama tak menari di sini. Halo, apa kabar? Rasanya sudah lama sekali sudut Culinary Episode di blog ini tidak muncul. Bukan, bukan karena saya sudah tidak berselera untuk mencoba beberapa tempat kuliner baru kok. Yah, semata hanya karena terlalu serius berkutat dengan kesibukan sehari-hari yang di akhir tahun ini semakin tak terkontrol jumlahnya.

“Peace of mind for five minutes, that's what I crave.” — Alanis Morissette

Di postingan kali ini saya ingin menceritakan sebuah tempat makan baru di Jogja yang juga sekaligus adalah sebuah penginapan yang luar biasa ramai di akhir pekan. Oh iya, saya ke sini karena ajakan salah satu senior saya di tempat kerja dahulu, namanya Mbak Elisa, yang belum lama ini dinyatakan lulus dari kuliah profesi dan akhirnya bergelar Apoteker. Mbak Elisa adalah sosok yang menurut saya memang banyak sekali tahu berbagai jenis kuliner yang sedang ramai dibicarakan, entah karena lokasinya atau karena memang rasanya. That’s why, langsung saya iyakan ajakannya pagi itu.

Tempat makan baru yang akan saya ceritakan ini berlokasi di Jl. Prawirotaman No. 31, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta. Tak sulit menemukannya ketika kita sudah berada di Jl. Prawirotaman itu sendiri. “Pokoknya yang temboknya kuning cerah dan di parkirannya ada mobil banyak banget.”, kurang lebih begitulah Mbak Elisa mendeskripsikan tempat ini. Sudah tahu?


Namanya Por Aqui Stay & Dine. Penginapan sekaligus tempat makan bergaya Mexican Bohemian pertama di Yogyakarta ini belum lama melangsungkan soft-openingnya, yakni tanggal 9 Oktober 2021 lalu. Memang sudah sepatutnya ramai dikunjungi, sih. Bagaimana tidak, bangunan Por Aqui memang terlalu menarik perhatian, baik bagi wisatawan maupun orang asli Jogja sendiri. Pemilihan warna khas negeri tacos dan nachos yang didukung dengan interior yang dihias dengan nuansa festival khas Meksiko mengingatkan saya akan “Dia de los Muertos” atau festival hari kematian yang diperingati setiap 1 dan 2 November di Meksiko sana. Sungguh meriah dan memanjakan mata.





Penginapan oleh Por Aqui Stay & Dine menawarkan enam pilihan tipe kamar yang dimulai dari tipe Superior, Deluxe, Deluxe Executive, Deluxe Family, Deluxe Patio, hingga Suite yang berjumlah total 26 kamar. Setiap kamar terlihat apik dengan dekorasi yang beragam sehingga memberikan pengalaman yang unik bagi pengunjung. Selain itu, ada pula VIP room, pool lounge, dan swimming pool yang bersih dan lumayan luas. 

Karena saya tidak menginap di sini, saya akan mencoba menceritakan dari segi tempat makannya saja. Restoran di sini menyuguhkan sajian streetfood ala Meksiko seperti burrito, tacos, quesadilla, nachos, panini, margarita, pinacolada, dan masih banyak lagi. Bisa dilihat di menu di bawah ini. 


Siang itu saya memesan Taco Papi yang digadang sebagai menu yang best-seller di sini, sedangkan Mbak Elisa memilih Chicken Chipotle Bowl dan Virgen Margarita. Taco Papi yang saya pesan datang terlebih dahulu. Penampakannya bisa dilihat di foto di bawah. Empat lembar taco yang terisi penuh dengan shredded beef berbumbu luar biasa lezat, mayonais, irisan lettuce dan bawang bombai merah. Kombinasi yang tak disangka mampu memanjakan lidah saya. Chicken Chipotle Bowl yang dipesan Mbak Elisa berisikan nasi khas Meksiko, irisan sayuran segar, jeruk limau, dan ayam berbumbu yang tak kalah lezatnya. Perut kami benar-benar puas siang itu.



Selesai makan, kami tak lantas beranjak untuk pulang. Setelah bertanya kepada staf apakah kami boleh mengambil foto di spot-spot menarik di sekitar penginapan, kami menghabiskan waktu untuk mengambil foto sebanyak yang kami bisa sebelum rintik hujan mulai turun karena langit siang itu sudah sangat gelap.



Memang, Por Aqui Stay & Dine akan menjadi one-of-a-kind experience bagi pengunjung yang menginap ataupun hanya bersantap siang di restorannya. Kapan lagi kan bisa ke Mexican Bohemian restaurant di Jogja?


Yogyakarta, 30 Oktober 2021




Post a Comment

0 Comments